Geo dan Manusia

Antara Geo dan Manusia ada kekuasaan, ketakutan, kekuatan, kesadaran dan hal lainnya. Mungkin kalian bingung, Geo itu apa. Geo merupakan istilah untuk ruang hidup.Yaa benar, Geo untuk geografi, geo untuk geopolitik dan geo untuk yang lain.
Ternyata belajar Pendidikan kewarganegaraan tak membosankan seperti yang kupikirkan selama ini. PKn berkaitan erat dengan kehidupan kita. Misalnya saja, bahasan geopolitik bisa dijelaskan ke kehidupan seekor kucing. Geo terdiri dari 3, yaitu :
  1. Geografis, 
  2. Geopolitik, 
  3. Geostrategi
dan mereka bertiga berpegangan tangan sangat erat.
Seekor kucing yang sedang hamil akan mencari tempat untuk melahirkan saat itulah dia (kucing) mencari tempat (geografi) yang aman untuk melahirkan. Dia memutuskan melahirkan di gudang rumah kosong, agar anank-anaknya nanti aman dari ancaman, saat inilah dia melancarkan geopolitik. Sedangkan geostrategi muncul ketika sang induk kucing membawa anak-anaknya keluar dari gudang pindah ke kamar kalian (misalnya) sehingga anak-anak kucing tersebut aman dari ancaman. Sang induk kucing membawa anak-anaknya kekamar ketika kalian tak berada di rumah dan kalian pun tak tahu kalau anak-anak kucing tersebut telah menempatkan se petak geografis di bagian kamar kalian dengan geopolitik sang induk sehingga geostrategi telah berhasil di jalankan dengan baik demi kelangsungan hidup yang sebaik-baiknya.

Hmm.. Satu lagi, ternyata ada 6 bagian dari Geo (Ruang Hidup), yaitu:
  1. Rahmat, karena tuhan telah memberikan ruang untuk kita hidup dan mengembangkan kreativitas kita.
  2. Sengketa, ruang hidup bisa menjadi sengketa karena setiap manusia menginginkan hidup yang terus membaik dan lebih baik.
  3. Dambaan, Geo (Ruang Hidup) merupakan keinginan setiap insan manusia, sepetak tanah yang berada di depan lebih di perebutkan karena menjanjikan kelangsungan hidup yang baik dari pada yang letaknya di belakang gudang (misalnya) atau di pelosok negeri yang sulit dijangkau.
  4. Surga, Ruang hidup yang nyaman merupakan surga bagi pemiliknya.
  5. Romantis/seram, Mengapa? karena setiap sudut geografis di bumi ini akan meninggalkan kenangan yang membekas di ingatan manusia, jika kenangannya baik akan meninggalkan keromantisan yang menyenangkan dan sebaliknya bila kenangannya buruk, akan membuat sang pemilik kenangan ketakutan.
  6. Kerinduan, dan karena setiap sudut memiliki kenangan akan menimbulkan kerinduan akan masa-masa tersebut, kerinduan akan tempat, orang-orang dan setiap momen nya. Banyak hal antara Geo dan Manusia dan kita bisa mengendalikannya sebaik mungkin.

With Love
Ly_

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Tujuan, dan Fungsi penelitian. Sumber Ilmu pengetahuan. Metode Ilmiah & non Ilmiah

Menara Hanoi (Media Pembelajaran Matematika)