Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Media Dengan Prinsip Proton-Elektron


Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Media Dengan Prinsip Proton-Elektron

Tujuan
Siswa memahami operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan media pembelajaran yang menggunakan prinsip proton-elektron.

Alat dan Bahan
ü  Gunting
ü  Jangka
ü  Pensil
ü  Penghapus
ü  Kertas Marmer Warna Merah
ü  Kertas Marmer Warna Hitam
ü  Kardus
ü  Lem kertas
Cara Membuat
1.      Buat gambar lingkaran di kardus dengan jari-jari 2,5 cm dengan menggunakan jangka dan pensil sebanyak 20 buah.
2.      Buat gambar lingkaran di kertas marmer dengan jari-jari 2,5 cm dengan menggunakan jangka dan pensil. Masing-masing warna sebanyak 20 buah.
3.      Gunting kardus dan kertas marmer dengan mengikuti garis lingkaran yang telah dibuat.
4.      Oleskan lem kertas pada kertas marmer pada bagian berwarna putih.
5.      Tempelkan kertas marmer yang telah diberi lem kertas ke kedua permukaan kardus hingga permukaan kardus tertutup kertas marmer berwarna merah / hitam.
6.      Ulangi langkah 4 dan 5 untuk setiap potongan kardus yang ada.

Cara Menggunakan
Ketentuan:
a.       Lingkaran berwarna merah mewakilkan bilangan bulat positif (proton)
b.      Lingkaran berwarna hitam mewakilkan bilangan bulat negatif (elektron).
c.       Bila 1 buah lingkaran merah digabungkan dengan 1 buah lingkaran hitam maka nilainya 0.
d.      Operasi (+) artinya menambahkan atau memasukkan.
e.       Operasi (-) artinya mengurangi atau mengeluarkan.



Contoh soal dan pembahasannya penggunaan media
1.      Operasi penjumlahan
a.       Misalkan 3 + 3 = ...
·         Perhatikan angka-angka yang akan dioperasikan. Semua angka bertanda positif, maka berdasarkan ketentuan sebelumnya bilangan positif diwakilkan dengan  lingkaran berwarna merah.
·         Ambil lingkaran berwarna merah sebanyak angka yang akan dioperasikan. (3 buah lingkaran berwarna merah untuk suku pertama dan 3 buah lingkaran berwarna merah untuk suku kedua).
·         Karena semua lingkaran berwana sama (merah) maka langsung saja dijumlahkan.
·         Diperoleh jumlah 3+3=6.


b.      Misalkan 4 + (-2) = ...
·         Perhatikan angka-angka yang akan dioperasikan. Angka 4 bertanda positif dan angka 2 bertanda negatif. Berdasarkan ketentuan sebelumnya bilangan positif diwakilkan dengan  lingkaran berwarna merah dan bilangan negatif diwakilkan dengan lingkaran berwarna hitam.
·         Ambil lingkaran berwarna merah sebanyak 4 dan ambil lingkaran berwarna hitam sebanyak 2.
·         Pasangkan lingkaran merah (positif) dengan lingkaran hitam (negatif). Karena lingkaran merah lebih banyak dari pada lingkaran hitam maka ada lingkaran merah yang tidak memiliki pasangan.
·         Lingkaran yang memiliki pasangan bernilai 0.
·         Dari langkah sebelumnya diperoleh 2 lingkaran berwarna merah yang tidak memiliki pasangan. Karena lingkaran berwarna merah bernilai positif maka hasil dari operasi 4 + (-2) adalah positif 2.
·         4 + (-2) = 2





2.      Operasi pengurangan
a.       Misalkan 2 - 2 = ...
·         Berarti terdapat 2 buah lingkaran merah.
·         Karena operasi yang dilakukan adalah pengurangan (dikurang 2), maka kita keluarkan / kita ambil 2 buah lingkaran merah.
·         Dari pengambilan lingkaran (dilangkah sebelumnya) tidak tersisa lingkaran, maka di peroleh hasilnya 0.
·         2 – 2 = 0

 

b.      Misalkan (-2) - 4 = ...
·         Terdapat 2 buah lingkaran hitam.
·         Operasi adalah pengurangan (dikurang positif 4) maka kita ambil 4 buah lingkaran merah.
·         Karena tidak ada lingkaran merah maka bisa kita tambahkan 4 netral (4 lingkaran merah dan 4 lingkaran hitam).
·         Maka lingkaran yang adalah adalah 2 negatif (2 lingkaran hitam) dan 4 netral (4 lingkaran hitam dan 4 lingkaran merah).
·         Lalu kita keluaran / ambil 4 lingkaran merah (karena dikurangkan 4 positif).
·         Maka hasil yang kita peroleh adalah 6 lingkaran hitam (artinya 6 negatif).
·         (-2) – 4 = (-6)

 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Tujuan, dan Fungsi penelitian. Sumber Ilmu pengetahuan. Metode Ilmiah & non Ilmiah

Menara Hanoi (Media Pembelajaran Matematika)